"If you can't explain it simply, it means you don't understand it well enough."

(Albert Einstein)

 


 
Home | Product | Contact Us | Management | Bisnis Link | Popular Articles


CCTV & REMOTE MONITORING

CCTV (Closed Circuit Television) kini sudah menjadi peralatan standar untuk pengintaian secara visual (video surveillance). CCTV terdiri CCTV kamera, monitor dan alat perekam. Hasil rekamannya kemudian menjadi alat bantu yang sangat efektif untuk melacak kejadian-kejadian penting yang luput dari perhatian. Sudah banyak contoh peristiwa penting yang terekam oleh kamera CCTV seperti: pencurian, pertengkaran, perkelahian, perampokan, kerusuhan, kebakaran, pengeboman dlsbg.

Di dalam alat perekam bisa diinstall berbagai macam software. Misalnya software yang mampu mendeteksi gerak. Dengan software ini DVR hanya akan merekam bila kamera menangkap gambar yang bergerak. Tapi bila kamera tidak menangkap ada gerakan sama sekali maka tidak akan merekamnya. Sistem perekaman seperti ini akan banyak menghemat hardisk mengingat cukup banyak kamera CCTV yang diarahkan ke tempat-tempat yang sepi, bahkan tempat-tempat seperti itu itu akan lebih sepi lagi di malam hari, sehingga tidak ada aktifitas penting yang perlu direkam.

Pada tingkat yang lebih tinggi, ada pula software yang mampu menganalisa, misalnya menganalisa tentang adanya asap, api dan gerak-gerik manusia yang mengarah pada anarkisme. Apabila hasil analisa ini positif, maka outputnya dapat digunakan untuk mengaktifkan alarm berupa bunyi sirine, lampu sinyal yang berputar-putar dan bahkan mengirim SMS pada operator yang terkait.

Software lain yang bisa diinstall ke dalam alat perekam adalah software pengenal wajah (Face Recognition) dan software pegenal plat nomor kendaraan (Licence Plate Recoqnition = LPR). Software Face Recognition dapat dimanfaatkan untuk keperluan absensi dan pengganti buku tamu, sedangkan software LPR dapat dimanfaatkan untuk keperluan Secure Parking.

 

Jumlah kamera untuk pengintai dapat disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari 1, 2, 4, 8, 16 sampai tak terhingga. Jenis kamera itu sendiri juga bermacam-macam. Ada kamera yang memiliki resolusi tinggi (HD) ada pula yang standar (SD) dan ada pula kamera dengan resolusi rendah (CIF). Pemilihan jenis kamera ini tergantung dari tujuannya, apakah menginginkan gambar detail, sedang atau ala kadarnya.

Ada juga pilihan kamera yang khusus untuk pengintaian malam hari, dimana kamera ini dilengkapi lampu LED inframerah yang tidak kasat mata tetapi mudah ditangkap oleh kamera. Lampu LED inframerah pada kamera bisa diatur hanya menyala malam hari saja, sedangkan pada siang hari kamera berfungsi seperti pengintai biasa.

Kamera pengintai terkadang dilengkapi dengan motor agar dapat digerakkan ke kiri ke kanan, ke atas dan kebawah, sehingga diperoleh hasil pengintaian dengan sudut pandang yang lebih luas. Ada kalanya kamera juga dilengkapi dengan perangkat PTZ (Pan, Tilt dan Zoom) dimana kamera dapat digerakkan secara remote untuk diarahkan ke satu titik tertentu sehingga obyek gambar yang diinginkan dapat dilihat dengan lebih jelas.

Bila perangkat CCTV ini terhubung ke jaringan, maka sekian banyak kamera yang tersebar di berbagai titik dapat dimonitor di sebuah ruang khusus yang disebut Central Monitoring. Di ruang ini setiap gambar yang berasal dari semua kamera dapat dimonitor satu persatu. Output dari beberapa kamera dapat dimonitor pada satu layar, tapi bisa juga setiap kamera ditampilkan secara penuh dalam satu layar. Apabila bila jaringan yang digunakan adalah jenis interaktif (dua arah), maka antara Central Monitoring dan kamera remote dapat melakukan Video Conference.

Selanjutnya dengan semakin membaiknya jaringan internet melalui jaringan telepon seluler 3G/4G, maka kamera CCTV itu dapat dimonitor dimana saja dan kapan saja dengan menggunakan Smartphone, sepanjang di tempat itu tercover oleh jaringan seluler 3G/4G. Gambar diagram di bawah ini memperlihatkan hubungan antara jaringan CCTV di suatu lokasi dengan sebuah Smartphone yang bisa digunakan untuk memonitor dan juga sekaligus mengendalikan kamera CCTV itu.

Selanjutnya: Layanan Triple Play

Hak Cipta © PT. Dua Wijaya Integratama 2019. Setiap hak cipta dilindungi undang-undang.