"If you can't explain it simply, it means you don't understand it well enough."

(Albert Einstein)

 


 
Home | Product | Contact Us | Management | Bisnis Link | Popular Articles


Video Analysis: Face Recoqnition

CCTV selalu dilengkapi dengan alat perekam yang biasa disebut DVR (Digital Video Recorder). Di dalam DVR ini dapat diinstall berbagai macam software aplikasi. Misalnya software aplikasi yang mampu mendeteksi gerak. Dengan software ini maka DVR hanya akan merekam bila kamera menangkap gambar yang bergerak saja. Bila kamera tidak menangkap ada gerakan maka DVR tidak akan merekamnya. Sistem perekaman seperti ini akan banyak menghemat hardisk mengingat cukup banyak kamera CCTV yang diarahkan ke tempat-tempat yang sepi, bahkan di malam hari akan lebih sepi lagi, sehingga tidak ada aktifitas penting yang perlu direkam.

Pada tingkat yang lebih tinggi, ada pula software aplikasi yang mampu menganalisa. Misalnya menganalisa tentang adanya asap, api dan gerak-gerik manusia yang mengarah pada anarkisme. Apabila hasil analisa ini positif, maka outputnya dapat digunakan untuk mengaktifkan alarm berupa bunyi sirine, lampu peringatan yang berputar-putar dan bahkan mengirim SMS kepada para petugas yang telah terdaftar.

Software lain yang bisa diinstall ke dalam DVR adalah software pengenal wajah atau Face Recognition (FR). Selain untuk keperluan keamanan, software Face Recognition dapat juga dikembangkan untuk keperluan absensi karyawan dan/atau pengganti buku tamu.

Selanjutnya: Bagaimana Cara Kerja Face Recognition

 

Contoh Tampilan dari software Face Recognition

Hak Cipta © PT. Dua Wijaya Integrabuana 2019. Setiap hak cipta dilindungi undang-undang.