Agar tidak hilang begitu saja, maka ikatlah ilmu itu dengan cara menuliskannya.

 

 


 
Home | Produk | Alamat Kontak | Management | Bisnis Link | Artikel Teknik


NDI® - Network Device Interface

NDI adalah software interface baru yg diperkenalkan oleh Newtek agar sinyal video yang berasal dari berbagi macam perangkat keras dapat disalurkan melalui jaringan Ethernet (IP based video). Tidak seperti protokol IP Video profesional lain seperti SMPTE2022-6 dan ASPEN yang membutuhkan jaringan Ethernet 10 Gigabit, NDI telah dirancang untuk bekerja pada jaringan Ethernet eksisting tanpa perlu membangun infrastruktur baru.

NDI juga telah dirancang sedemikian rupa sehingga menghasilkan latensi yang rendah, frame yang akurat sehingga dapat disiarkan secara real time.

Hal ini dimungkinkan karena sistem ini menggunakan kompresi video dengan codec NDI yang mampu menghasilkan video full HD 1080 dengan kecepatan data hanya sekitar 100 Mbps. Bahkan pada versi NDI HX kecepatannya kurang dari 15 Mbps sehingga video full HD dapat dengan mudah disalurkan melalui WiFi.

Selain membawa informasi audio dan video, NDI juga sekaligus membawa metadata. Metadata ini dikirim secara dua arah hingga memungkinkan pengirim dan penerima dapat saling memberi tahu melalui kode-kode dalam format XML. Dengan metadata ini maka sinyal tally dapat dengan mudah dikirim agar cameraman dapat mengetahui apakah kameranya sedang on air atau tidak (preview / program).

Jika kamera yang digunakan adalah jenis robotik yang dilengkapi dengan PTZ (Pan, Tilt dan Zoom), maka sinyal kontrol untuk mengendalikan PTZ ini sekaligus bisa disalurkan melalui jaringan Ethernet yang telah tersedia.

NDI juga memungkinkan pengirim untuk memperoleh informasi tentang jumlah penerima yang terhubung dengannya. Dengan demikian pengirim bisa mengatur utilisasi pemakaian prosesor maupun ulitisasi bandwitdh.

Info lebih lanjut tentang NDI: https://www.newtek.com/ndi/

Artikel terkait: Kompresi Sinyal Video dan Video Production

Ditulis oleh Dwi Ananto Widjojo @ November 2017 © PT. Dua Wijaya Teleinformatika